Tips and trik lulus SNMPTN

Halo teman-teman
Tidak terasa sudah di Bulan Januari lagu, baru kemarin saya ikut SNMPTN kali ini sudah berjumpa lagi dengan snmptn

Bagi teman-teman yang ingin daftar silahkan daftar, minta rujukan dari sekolah agar didaftarkan semoga lolos ya, dan jangan lupa ikuti aturan mainnya

Kali ini saya akan membagikan tips dan trik lulus snmptn berdasarkan cara saya (ya selain sudah kehendak dari Allah SWT yang sudah ditakdirkan lolos, tapi gak ada salahnya untuk share pengalaman lolos snmptn yang dulu saya pernah lakukan)

Sebelum ke poin bahasan, teman-temn lihat dulu aturan mainya di snmptn.ac.id
Peraturanya tidak banyak berubah, cuma sekarang nilai un dan usbn tidak mempengaruhi kelulusan snmptn tidak seperti snmptn dulu

Sebelumnya, rajinin dulu ibadah sholat, mengaji, dan ibadah yang laun berharap bisa dimudahkan oleh Allah Yang Maha Kuasa

Catatan: tips ini meruapakan pengalaman nyata dari saya dan teman-teman seperjuangan, masalah kelulusan ada di pihak tim seleksi dan takdir dari yang kuasa, jadi bilamana gagal jangan putus semangat, karena masih ada jalur sbmptn dan seleksi mandiri masuk universitas

Oke deh langsung aja ke poinnya
1. Akreditasi sekolah
A= 50%
B=30%
C=10%
D=5%
Itu adalah aturan akreditasi sekolah, tetepi menurur saya itu tidam berlaku, kenapa demikian, sekolah saya seluruhnya terakreditasi A
Tahun kemarin siswa yang daftar snmptn 89 anak tetapi yang lolos cuma 4, kan jauh banget ya dari aturannya 😂

2. Nilai raport
Sebelum daftar, sebaiknya lihatlah dulh nilai terbaikmu di rapot, jangan sampai salah pilih jurusan karena nilai raport yang kurang
Kenapa demikian, karena snmptn adalah seleksi yang sepenuhnya menggunakan nilai rapot dari semester 1-5 (3tahun) dan 1-7 (4tahun)

3. Jurusan yang dipilih
Nah ini yang paling penting menurut saya, karena dalam beberapa kasus teman saya gagal gara-gara salah pilih jurusan
Sebagai contoh
Saya adalah siswa smk jurusan TKR ikut snmptn ambil jurusan TKR di universitas terkenal di Semarang, dan alhamdulillah lolos, hal ini ada indikasi bahwa bila kamu ambil sejurusan diambah nilai raport jurusan yang kuat, insaallah kamu bisa lolos

Ada lagi
2 teman saya jurusan sekolah adalah TLas dan TElektronika lolos snmptn di jalur olahraga dan musik karena punya bakat dan sertifikat juara lomba
Itu berindikasi bahwa siswa yang punya bakat dan ada sertifikat juara walaupun nilai kurang kuat, insaallah juga bisa lolos

Untuk siswa SMA, saran saya menggunakan nilai rapot yang terkuat, karena sma lebih tangguh daripada smk dalam perebutan snmptn

Jadi, intinya snmptn adalah seleksi yang menggunakan nilai rapot, jadi nilai kuat insaallah bisa lolos

Demikian dari saya intinya lihat dulu nilai raport lihat persaingan ptodi, lihat peluang di universitas, lihat juga apakah ada alumni di univeristas yang kamu pilih, karena alumni bisa jadi nilai plus tersendiri

Semua tips ini berdasarkan apa yang saya alami, masalah lulus atau tidaknya sudah ditakdirkan oleh yang maha kuasa
Jadi jangan sungkan-sungkan untuk berdoa kepada Allah SWT

Demikian, semoga lolos snmptn tahun ini

Artikel Terkait, Jangan Lupa Baca

loading...
Share:

No comments:

Post a Comment